Translate

Mei 22, 2013

STUDI KASUS BAB 12 - MENGUJI COBA PERUSAHAAN VALERO DENGAN MANAJEMEN REALTIME


1.  Organisasi, manajemen dan isu-isu teknologi harus ditujukan ketika mengembangkan dasbor perusahaan Valero Energi. Jika manajemen saling terkait dan didukung adanya hubungan organisasi yang baik, manajer akan dapat berbagi praktik terbaik dengan satu sama lain dan membuat perubahan dalam peralatan untuk mengurangi konsumsi energi namun tetap mempertahankan target produksi. Isu teknologi yang digunakan seperti WEB (Internet) sangat berguna untuk manajer pabrik di daerah terpencil agar tersambung dengan kantor pusat perusahaan. Penyediaan dasbor secara langsung tersambung ke integrasi perusahaan manufaktur SAP (System Application and Product in data processing) dan aplikasi inteligensi dimana setiap catatan produksi pabrik dan data produksi disimpan.

2. Sistem pengukuran kinerja yang efektif  untuk menampilkan dasbor didasarkan pada masing-masing aktivitas dan karakteristik organisasi perusahaan, evaluasi atas berbagai aktivitas, dengan menggunakan ukuran-ukuran kinerja, sesuai dengan seluruh aspek kinerja aktivitas sehingga menghasilkan penilaian yang komprehensif, dan memberikan umpan balik untuk membantu seluruh anggota organisasi mengenai masalah-masalah yang ada serta kemungkinan perbaikan. Keputusan manajemen akan manfaat informasi dasbor penyulingan Valero dimana mengembangkan dasbor terpisah yang menunjukkan statistik rinci pada konsumsi daya setiap unit perusahaan dan setiap pabrik, menampilkan informasi terkait tujuan strategi perusahaan dan sejumlah faktor strategis di luar kendali manajer perusahaan sehingga manajer dapat belajar lebih banyak tentang bagaimana perusahaan mereka sebenarnya beroperasi dan bagaimana untuk memperbaikinya.
3.  -Sistem informasi manajemen yang menyajikan berbagai bentuk laporan yang akan disimpan dalam dasbor perusahaan dimana berguna untuk pengambilan keputusan dan analisi manajer.
-Sistem informasi eksekutif, dimana para manajer dapat belajar dari para eksekutif untuk dasbor penyulingan dalam mengatur interaksi di lingkungan perusahaan.
-Sistem informasi sumber daya manusia yang mendukung organisasi dan manajemen perusahaan dalam mengelola dan merawat system dasbor perusahaan.

4.   Dasbor menampilkan data realtime yang  berkaitan dengan pabrik dan keandalan peralatan, manajemen persediaan, keselamatan, dan konsumsi energi sehingga harus saling terintergrasi antara ketiga aspek tersebut agar kinerja yang dihasilkan akan efisien dan bermanfaat bagi perusahaan dalam mencapai tujuan.

5.  Faktor lingkungan seharusnya dapat dilakukan oleh para manajer perusahaan. Perusahaan Valero tidak perlu mengembangkan sistem dasbor untuk mengukur faktor lingkungan yang tidak dikendalikan karena meskipun  sistem dasbor kuat tidak dapat mengubah operasi yang tidak menguntungkan menjadi sesuatu yang menguntungkan.  Sistem dasbor tidak mengatakan apa-apa tentang inovasi produk, pemasaran, penjualan, atau setiap daerah lain dari perusahaan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar