Translate

November 06, 2013

Malang Hingga Suramadu : Inilah Sebagian Sisi Lain Indonesia



      Mendengar kata Kota Malang, pertama yang muncul di benak saya adalah wisatanya. Bagaimana tidak, berpredikat sebagai kota apel dimana memiliki beragam destinasi wisata dan rekreasi sangat layak untuk dikunjungi oleh siapapun. Dari pantainya yang indah, rupa alamnya yang masih terjaga asri, pegunungan yang mengagumkan hingga desain wisatanya yang mampu memikat hati para pecinta jalan-jalan. Beragam tujuan wisata di kota Malang ibarat paket “full service”, terlebih lagi ketika kita mengunjunginya saat musim liburan yang wajib mencoba segala destinasi menarik yang ada disana.
        Berbicara tentang Malang memang tak ada habisnya untuk diucapkan dengan sekedar kata-kata. Mencari atau ingin menemui pantai dengan suasana deburan ombak dan panorama dataran rendah bisa didapatkan di Pantai Balekambang. Kontur pantainya yang landai dipenuhi karang lautan. Dilengkapi tiga pulau batu yaitu Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo menambah keindahan pesona tempat ini. Ada juga Pura Amerta Jati yang dibuat seperti Pura Tanah Lot yang terkenal di Bali, merupakan tempat suci umat Hindu atau sebagai tempat dilaksanakannya ritual keagamaan.
   Lalu ada Pulau Sempu yang masih memberikan kekaguman atas alamnya. Pulau ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Daya tarik pulau ini terdapat pada danaunya yang terbentuk secara unik dimana sumber airnya berasal dari hantaman ombak yang memecah tebing dan dilengkapi pesona Samudera Hindia dari atas tebing dimana kita bisa melihat spesies lumba-lumba.
  Berlanjut ke dataran tinggi, udara sejuk kawasan agrowisata dengan tanaman khas buah apelnya dimana di tempat ini kita seolah-olah merasakan sensasinya menjadi petani yang biasa memetik apel pada luasnya areal perkebunan tersebut. Kemudian ada Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Batu Night Spectacular yang siap memberikan  pengalaman yang  mengesankan untuk kita lewati. Itulah sebagian destinasi wisata Kota Malang yang mempunyai ciri khas berbeda-beda dan pastinya wajib kita kunjungi bila mempunyai kesempatan untuk berkunjung kesana.
        Beralih ke Bromo atau Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan tempat wisata yang sangat terkenal dengan karakter alam Indonesia. Betapa indah pemandangan alam Bromo dan kekaguman lah yang mungkin pertama akan teruraikan. Kaldera yang membentang luas dengan hamparan lautan pasirnya. Suku tengger yang masih terjaga keasliannya. Ditambahkan dengan berdirinya gunung-gunung kokoh layaknya gambar pemandangan dalam sebuah lukisan. Satu hal yang paling menarik di Bromo adalah saat matahari terbit atau sunrise yang dapat dinikmati sepuas-puasnya di area Pananjakan.  Saat-saat dimana matahari di ufuk timur mulai menampakkan wujudnya yang tidak membutuhkan waktu lama, melawan segala apa yang ada dihadapannya adalah momen terbaik yang patut disaksikan dengan mata telanjang. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu pun kalah dan mulai tampak akan sorotan tajam dari sang surya. Begitu pula dengan apa yang ada di sekitarnya sedikit demi sedikit memperlihatkan parasnya. Maka lengkaplah sudah bila alam kawasan Bromo menyuguhkan keindahan alamnya kepada para pengunjungnya.
        Kemudian menuju ke area Semeru, gunung tertinggi di tanah Jawa. Puncaknya yang disebut Mahameru layaknya negeri di atas awan menimbulkan ungkapan decak kekaguman akan luar biasanya Pencipta alam semesta. Sebelum mencapai tempat ini terdapat pula tempat apik seperti Ranu Pani, Ranu Kumbolo, Bukit Cinta dan Kalimati yang jelas tampak dalam film 5cm. Dalam film tersebut dapat disimpulkan bahwa Gunung Semeru benar-benar keren view alamnya dan menggoda hati siapapun untuk segera mengunjunginya. Meskipun Gunung Semeru masih menjalani siklus alaminya bersama sistem alam lainnya, keadaan alamnya tampak liar namun tetap bisa dijadikan sebagai wujud atau cara kita berinteraksi untuk menyatu dengan alam semesta.
      Tak jauh dari Kota Malang, ada sebuah ikon yang sangat terkenal seantero Indonesia. Sebuah jembatan terpanjang di Indonesia dengan memiliki panjang 5,4 km. Suramadu namanya alias singkatan dari Surabaya dan Madura. Jembatan yang melintasi Selat Madura merupakan kebanggan Indonesia dan diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah di sekitarnya. Kabarnya juga, ada sebuah taman di sisi Jembatan ini yang dibangun oleh Pemerintah Kota Bangkalan untuk sarana masyarakat berekreasi menikmati keindahan bangunan dan keadaan alam disana. Ketika sore hingga malam hari, jembatan penghubung antara Pulau Jawa dan Madura ini akan lebih menampakkan sisi yang lainnya. Sinar matahari yang mulai kembali ke peraduannya, lampu-lampu yang menerangi di sisi jalan jembatan, ditambah panorama laut biru memberikan sajian yang mengesankan dimana sangat tepat bila diabadikan dalam sebuah kamera foto.
        Siapapun menyukai alam ini,  mengagumi alam ini, mengenali hingga bersahabat dengannya adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Sedikitnya adalah alam Indonesia tercinta yaitu Malang, Bromo dan juga Semeru yang begitu luar biasa. Mengarah ke utara kita bisa melihat mahakarya manusia, sebuah jembatan megah yang juga tak kalah memberikan pernyataan bagi mereka yang menyadari betapa indah dan luar biasanya Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar