Translate

April 24, 2015

10 juta mau Traveling kemana ?

Nominal uang 10 juta tentunya lumayan banyak. Namun tak sedikit pula cara yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan uang sebanyak itu. Uang yang memiliki sifat cepat habis apabila di tangan (cash on hand). Secara tidak sadar, uang terkadang membuat kita lupa diri dalam menggunakannya. Uang sulit dicari, tetapi mudah untuk dihabiskan. Meskipun uang bukanlah sumber kebahagiaan. Uang bisa memberikan apa yang kita mau dengan sebuah patokan harga atas sebuah produk barang/jasa.

Seandainya Traveloka memberikan uang 10 juta, saya akan menjelajah dan mengulik betapa kayanya Nusantara. Alamnya indah, budayanya beragam, keseniannya apik, dan banyak surga dunia bisa kita temukan. Saya akan memilih Banyuwangi sebagai destinasi yang akan saya tuju.  Banyuwangi memiliki pesona Indonesia yang beragam.

Kota The Sunrise of Java ini memiliki salah satu dari dua kawah biru di dunia yang berada di Gunung Ijen, menariknya lagi memiliki tiga taman nasional diantaranya, TN Baluran, TN Meru Betiri, dan TN Alas Purwo. Selain itu, Bumi Blambangan mempunyai potensi wisata bahari yang meracuni saya untuk dapat mengunjunginya dengan segera. Pantai Plengkung terkenal dengan ombak kelas dunia , Pantai Sukamade tempat dimana populasi penyu yang lucu, Pantai Rajegwesi pantai pasir putih yang mengandung biji besi, Teluk Hijau yang menawarkan auranya yang kehijauan, Pulau Merah dengan pantai pasirnya berwarna merah, Selanggrong atau yang dikenal dengan Teluk Biru yang memberikan pancaran matahari pagi dan terumbu karang yang apik, belum lagi tempat lainnya yang mempunyai keindahan yang bisa kita nikmati. Tidak hanya potensi wisata, Banyuwangi pula memiliki kesenian yang terjaga, contohnya saja Tari Gandrung yang sering dipertunjukkan dalam berbagai festival. Bahkan festival disana pun banyak digelar yang pada intinya bertujuan untuk melestarikan seni, budaya, religi, hingga fashion dan olahraga. Di tahun 2015 ini, ada 36 festival yang siap menemani  wisatawan untuk mengeksplore Banyuwangi. Inilah beberapa alasan yang membuat Banyuwangi patut untuk dijadikan destinasi tujuan berlibur kita, terlebih pecinta jalan-jalan.

Itinerary perjalanan

Saya merencanakan perjalanan dimulai tanggal 6 Mei 2015 dari Purwokerto menuju Jogja dengan menggunakan bis , tarif Rp 60.000 . Lalu esok paginya pukul 07.15 WIB dengan menggunakan transportasi Kereta Api Sri Tanjung dari Stasiun Lempunyangan menuju Banyuwangi dengan tarif Rp 100.000 .  Sampainya disana pukul 21.00 WIB (sesuai jadwal KA), saya akan menyewa motor selama 4 hari untuk berkeliling selama disana, dengan estimasi sewa dan bahan bakar Rp 500.000 . Malam itu juga, saya akan langsung menuju Pos Paltuding untuk mendaki Gunung Ijen menyaksikan Blue Fire dan sunrise sekaligus menonton acara Festival International Tour de Banyuwangi - Ijen 2015. Jadi ini festival balap sepeda, yang terbagi dalam beberapa etape dalam mengelilingi Kota Banyuwangi. Untuk penginapan, saya memilih Watu Dodol Resort yang tidak jauh hanya berjarak 18,78 km dari Kawah Ijen. Total biaya hotel selama 3 malam Rp 1.233.915 .

Total Biaya Hotel di Banyuwangi

Keesokan harinya 9 Mei 2015, saya akan menuju Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota. Apa yang akan saya lakukan disana antaranya adalah singgah ke pusat konservasi terumbu karang, menikmati suasana di Pantai Bangsring, lalu menuju Pulau Tabuhan untuk snorkling. Pemandangan bawah laut di sekitar pulau sangat bagus. Terumbu karang dan hewan laut bisa ditemukan dengan pesona airnya yang jernih.  Di pulau ini juga sering diadakan kitesurfing dan windsurfing yang memanfaatkan tiupan angin untuk memainkan kedua jenis olahraga itu. Total biaya menuju ke Pulau Tabuhan sekitar Rp 400.000 untuk 4 orang termasuk peralatan snorkling.

Petualangan masih berlanjut. Saya akan menuju Desa Muncar, Kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Disana, saya akan menuju Teluk Biru atau disebut Selanggrong. Teluk Biru hampir sama seperti Pulau Tabuhan yang menawarkan pemandangan bawah laut. Keunikannya terdapat sebuah sungai dengan daratan (legon) yang perairannya tenang dan sangat jernih. Memancing ikan sangat menarik dilakukan sebab tempat ini terkenal dengan kantong ikannya. Memancing kemudian memanggang ikan pasti akan seru untuk dilakukan. Saya akan berangkat dini hari agar bisa menyaksikan sunrise di tengah lautan. Total biaya kesana sekitar Rp 200.000/orang dengan menyewa perahu dan waktu tempuh selama 2 jam.

Masih banyak surga tersembunyi di Banyuwangi. Agenda berikutnya,  11 Mei 2015 adalah menjelajah beberapa pantai di wilayah bagian selatan. Antara lain Pantai Plengkung untuk menonton para peselancar bermain hebat dengan ombak yang besar, Pantai Pulau Merah untuk merelaksasikan diri, Teluk Hijau tempat yang istimewa untuk mengukir mimpi dan berakhir ke Pantai Sukamade melihat penyu.

Sekali mendayung, dua pulau terlampaui

Perjalanan selanjutnya, saya akan menuju Lombok dari Surabaya. Dari Banyuwangi menuju Surabaya naik kereta api dengan tarif Rp 100.000 dan melanjutkan naik Garuda Indonesia.

Tiket pesawat Surabaya - Lombok

Garuda Indonesia terkenal dengan pelayanannya yang bagus. Maskapai ini bahkan memenangkan penghargaan kelas ekonomi yang sangat bagus akan pelayanannya. Untuk penerbangan Surabaya ke Lombok, bahkan maskapai ini yang paling murah harganya. Kurang apalagi coba. Dapat makan, bagasi 20 kg sudah ditanggung, bahkan airport tax sudah include. Total biaya Rp 545.261 .

Biaya tiket Surabaya - Lombok

Disana saya akan menuju Gili Trawangan, berkeliling disana naik sepeda, melihat sunrise, makan seafood, menonton sunset, bersosialiasi dengan orang baru, mandi di pantai, snorkling, selfie dan melakukan aktivitas lainnya. Pasti sedap sekali. Tak ketinggalan beberapa pantai di Lombok seperti Pink Beach , Pantai Kuta , Pantai Bloam, dan pantai lainnya akan masuk ke list destinasi saya.

Hotel di Gili Trawangan

Saya memilih hotel tersebut karena fitur review dan rating dari para pengunjung terhadap hotel tersebut sangat baik. Inilah salah satu kelebihan Traveloka yang menawarkan aplikasi booking hotel dan pesawat dengan referensi yang menjamin. Tanpa perlu ribet, tinggal klik, tak perlu berlama-lama, mudah digunakan, dan tentunya kualitasnya bagus.

Biaya hotel di Lombok

Tiket pesawat Lombok - Jogja

Naiknya Garuda Indonesia lagi dong. Kan maskapai terbaik Indonesia. Selain dapat makan. Pelayanannya bikin nyaman dan mengenakkan.
Biaya pulang Lombok-Jogja
Hotel di Jogja

Menginap di Jogja semalaman sekalian jalan-jalan keesokan harinya sebelum pulang. Jarak bandara menuju ke Royal Ambarukmo sangat berdekatan. Tak ada salahnya beristirahat dulu sebelum pulang ke kota asal. Total biaya penginapan semalam Rp 1.192.084 .

Biaya hotel di Jogja
Kesan menggunakan Traveloka App

Kesan saat menggunakan aplikasi traveloka di andorid sangat mudah dan gampang banget digunakan. Fiturnya gak pake ribet. Pengaturan pencariannya juga lengkap, tinggal klik langsung muncul dan tinggal pilih mana yang kita pengen. Fitur rating dan review sangat membantu kita dalam menentukan pilihan. Selain itu, harganya lebih hemat dan sering juga dapet promonya. Pajak sudah include dan tidak ada lagi biaya tambahan lainnya. Jadi lebih cocok dan ngerti untuk mengatur keuangan saat traveling. Masih mau pake aplikasi yang lain? Kalo saya mah, Traveloka aja :)

Kesimpulan Biaya
  1. Bus Purwokerto - Jogja Rp 130.000 (pp)
  2. Tiket KA Jogja - Banyuwangi Rp 100.000
  12. Estimasi makan selama 10 hari Rp 700.000
Total Biaya selama 10 hari traveling = Rp 8.069.598
Uang tersisa = Rp 1.930.402

Tulisan ini hanyalah perencanaan beserta opini ketika saya diberikan uang sebanyak 10 juta untuk traveling dan dalam rangka mengikuti kompetisi menulis dari TRAVELOKA #TiketGratisTraveloka. Wish me luck ! Aamiin