Translate

Januari 01, 2017

Arapaima Gigas - Si Ikan Raksasa Dari Sungai Amazon

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas mempunyai satu wahana menarik yaitu Aquarium Exotic River World. Disana, kita bisa melihat banyak jenis-jenis ikan air tawar (sungai) di dalam akuarium. Satu yang menjadi ikon di wahana ini yaitu ikan raksasa yang berasal dari Sungai Amazon, Arapaima Gigas.


Liburan di penghujung Desember kemarin, kami sekeluarga berwisata ke obyek wisata buatan yang eksis di Purbalingga dan beberapa kali sudah sering kami datangi. Obyek wisata ini bernilai edukasi karena konsepnya yang cukup menarik untuk dijadikan alternatif tujuan wisata keluarga.

Terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga menjadikan obyek wisata ini semakin dikenal oleh wisatawan. Ketika kami berkunjung kesana, okupansi kunjungan cukup ramai. Beberapa kendaraan mobil dan bus memadati area parkiran. Dengan harga tiket sebesar Rp18.000 pengunjung sudah bebas mengelilingi wahana yang ada, terkecuali wahana air.

Memasuki pintu utama, terdapat kolam ikan mas dialiri pancuran air. Menaiki sedikit tangga, akuarium terpola rapi, sebagian diisi dengan hewat laut yang sudah diawetkan, beberapa diisi ikan-ikan air tawar banyak macamnya. Masuk ke dalam lagi, ada kolam yang cukup luas, si ikan raksasa muncul di permukaan air sesekali. Banyak dari pengunjung yang mengamatinya gerak-gerik ikan ini.

Sampai di lorong agak ke bawah, barulah Arapaima Gigas terlihat jelas bentuk dan rupanya. "Wow itu! Gede banget", celoteh keponakanku saat melihat Ikan Arapaima di dalam kolam akuarium tepat di depan kami yang dibatasi tembok dengan kaca tebal.


Arapaima Gigas termasuk spesies ikan air tawar terbesar yang habitatnya berasal dari perairan tropis di Amerika Selatan (Sungai Amazon). Ikan ini dapat tumbuh sampai dengan 3m panjangnya, dengan bobot mencapai hampir 200kg.

Sementara di sisi lain, ikan air tawar berukuran wajar banyak mengisi di sepanjang lorong yang gelap dengan sorotan lampu berwarna yang temaram. Hanya akuarium yang dibuat terang agar terlihat fokus. Di setiap akuarium, terpampang informasi nama dan klasifikasi ikan. Entah jenis ikan apa saja ada disana. Yang jelas, banyak sekali. Kurang lebih sekitar 200 jenis ikan air tawar dari berbagai belahan dunia. Dari yang berukuran mini, sedang, dan besar.

River World memang wahana yang sangat edukatif. Banyak informasi bisa didapatkan wisatawan disana. Selain rekreasi,sekedar tahu tentang jenis ikan merupakan hal yang menarik, apalagi untuk anak-anak. Bahkan keponakanku betah selama mengelilingi wahana ini. Mereka membaca informasi ikan yang ada. Sangat bermanfaat.


1 komentar: